3 Tahap Pertumbuhan Rambut

 

Ternyata, rambut kita gak terus menerus tumbuh panjang selama kita biarkan loh. ada tahapan atau siklus pertumbuhannya. Yess, jadi bukan hanya anak anak saja yang memiliki tahapan pertumbuhan, rambut kita juga loh!

Yuk kita pelajari dulu apa saja tahapannya, supaya kita mengetahui kondisi rambut kita saat ini dalam tahapan apa. kalau kita memahami tahapannya, kita tidak perlu cepas atau bingung harus perawatan apa menyikapi rambut rontok. Tinggal kita sesuaikan saja dengan perawatan dan produk yang tepat.  Apa saja itu?

 

1. Tahap Anagen

Pada proses pertumbuhan rambut manusia,ada tahap kerontokan, yaitu setelah usia rambut mencapai 4,5 tahun. Rambut tumbuh secara aktif dan melalukann proses pembelaha nyang cepat disertai dengan pembentukan zat zat mineral yang dibutuhkan dalam proses pertumbuhan rambut. Nah, rambut lama akan  rontok digantikan rambut baru.  Proses pertumbuhan rambut baru hingga mencapai kondisi yang normal akan memakan waktu kurang lebih selama 6 bulan. Jadi memang harus sabar ya ladies.

 

Rambut yang baru tumbuh tersebut keluar dari pori pori di kulit kepala yang disebut sebagai folikel rambut.Folikel rambut ini merupakan struktur kulit yang menjadi tempat tumbuhnya rambut. Folikel tidak hanya berupa bagian di pori pori kulit kepala namun juga ada pada seluruh kulit tubuh yang tumbuh rambut. Folikel pada rambut ini juga akan mendorong rambut rambut tua yang sudah berada pada akhir masa hidupnya. Dorongan tersebutlah yang menyebabkan terjadinya kerontokan alami. Adanya kerontokan alami tersebut merupakan tanda tanda rambut tumbuh yang dapat diperhatikan dengan mudah.

 

2. Tahap Katagen

Tahap selanjutnya dalam siklus pertumbuhan rambut disebut sebagai Tahap Katagen. Tahap Katagen merupakan masa transisi dimana rambut akan berhenti untuk tumbuh dan mengalami penyusutan pada akar rambut. Pada fase ini, bohlam rambut akan terpisah dari derma dan menjadikan tanda dimulainya proses kematian sel pada rambut. Folikel rambut dalam tahap Katagen ini akan menyusul sebanyak sepertiga kali dari panjang sebelumnya dan bermigrasi kearah permukaan kulit kepala. Tahap Katagen ini akan berlangsung kurang lebih selama 2 sampai 3 minggu

 

3. Tahap Telogen

Tahap terakhir dari siklus pertumbuhan rambut adalah Tahap Telogen atau bisa diartikan sebagai masa istirahat. Tahapan ini merupakan tahap akhir dari kehidupan helai helai rambut pada manusi. Sekitar 6- 8 persen dari seluruh rambut akan berada pada tahap ini. Yang kemudian rambut manusia akan mengalami penghentian pertumbuhan secara total dan mulai mengalami kerontokan alami.

Setelah Tahap Telogen ini, proses pertumbuhan rambut baru pada manusia akan kembali kepada Tahap Anagen dan terus bersiklus. 

Salah satu yang dapat menjadi penyebab munculnya kebotakan pada rambut adalah kondisi dimana Tahap Telogen lebih besar dari tahap Anagen pada proses pertumbuhan rambut. Pengaruh genetik dan kondisi stres pada manusia dapat memicu terjadinya masalah pada fase rambut pertumbuhan rambut dan menjadi salah satu penyebab kebotakan rambut.

 

93% rambut manusia berada pada Tahap Anagen,1% Katagen  dan 6% pada Telogen. Namun seiring pertambahan usia, khususnya setelah 40 tahun hingga 50tahun, proses pertumbuhan rambut melambat 20% sementara Tahap Telogen menjadi lebih cepat. Tidak heran kalau sudah usia 40an memanjangkan rambut itu butuh waktu yang lebih lama ketimbang saat usia 20an. Rambut mengalami masa puncak pertumbuhan adalah pada usia 16-24 tahun. Setiap bulan rambut mengalami pertumbuhan 1.5 cm dan 1 helai bisa mencapai usia 7 tahun. Rambut lebih cepat tumbuh ketika sedang tidur dan pada musim panas. Artinya, kita yang tinggal di negara tropis mengalami pertumbuhan tumbuhan rambut lebih cepat dibandingkan di negara empat  musim. 

 

Nah, sudah jelas yah tahapan tahapan pertumbuhan rambut. Semoga bermanfaat!