Kerontokan rambut atau istilah medisnya  Alopecia (keren juga namanya) disebabkan banyak hal. 

 

Penyebabnya Bisa dari faktor makanan yg tidak seimbang, stress, polusi, sakit, obat obatan maupun faktor genetik. 

Nah kerontokan rambut itu ada macamnya juga. Penting kita pahami supaya bisa menentukan perawatan apa yg tepat.

1. Alopecia Senilis, kerontokan yang disebabkan oleh faktor usia. Alias botak kana udah sepuh.

 

2. Alopecia Premature, kerontokan yang terjadi pada usia pertengahan. Kerontokannua perlahan atau bertahap dan rambut yg tumbuh tipis/rapuh.

 

3. Traction Alopecia, kerontokan rambut yang terjadi akibat tarikan yang terlalu kuat, misalnya kuncir rambut yang kencang sekali.

 

4. Alopecia Areata


Alopecia areata adalah kebotakan atau kerontokan rambut yang disebabkan oleh penyakit Autoimun  dan pada area tertentu di kepala, alis, ketiak dll. Bahasa sehari harinya, pitak. Biasa menyerang anakt, remaja dan dewasa sebelum usia 30 tahun. Bisa bertahap ataupun muncul tiba tiba. 

 

Masih ada Alopecia yang lainnya, kita bahas berikutnya. Dari 4 macam kerontokan ini, kamu sendiri mengalami yang mana? Yukk kita bahas di kolom komentar ya.

 

Melanjutkan postingan sebelumnya nih,  berikut 3 macam kerontokan rambut. Setidaknya kita jadi paham bahwa rambut rontokpun beragam, berbeda beda penyebabnya 

5. Alopecia Post Partum, kerontokan paska melahirkan dan masa menyusui. Ketidak seimbangan hormon yang menyebabkan lebih banyak rambut yang rontok ketimbang rambut tumbuh. Biasanya seiring waktu, akan kembali normal sedia kala. Tapi  bisa juga sih diminimalisir dengan perawatan rambut rontok. Jadi, bagi ibu ibu yang menyusui sebaiknya tidak perlu khawatir yang berlebihan untuk rambut rontok ini, karena semakin khawatir jadi stress malah bisa tambah parah rontoknya. 

 

6. Alopecia Totalis, kerontokan total pada kulit kepala dan bulu pada wajah. Dimana rambut tidak tumbuh dengan normal, musti konsultasi ke dokter. 


7.  Alopecia Universalis, kerontokan total pada kulit kepala dan bulu disekujur tubuh. Disebabkan oleh shock berat ataupun pada kasus kecelakaan. Dan jarang yang bisa tumbuh normal kembali. Seperi Alopecia Totalis, musti konsultasi ke dokter ya. 

Nah inilah 7 macam kerontokan yang umumnya terjadi. 

 

Semoga Bermanfaat

 

Yulia Astuti

 

CEO Moz5 salon

 

IG : @yuliamoz5