WhatsApp
START NEW CHAT
Live Chat
9 Kebiasaan Yang Ternyata Merusak Rambut
July, 29th 2021 - Moayu

Udah nyuci rambut dengan bener, ngelakuin hair care routine, tapi kenapa rambutku masih juga rontok dan patah ya? Hm, yakin udah bener? Coba periksa lagi karena ternyata gak sedikit dari kebiasaan yang merusak rambut. Playing backsound Kreepa: Oh No….

Gak usah lebay yah bund, sebelum telanjur keterusan dan bikin kerusakan rambut makin parah yuk kita bercermin dan melihat lagi apa aja kesalahannya supaya bisa diperbaiki

 

Keramas Dengan Air Panas

 

Mandi dan keramas dengan air panas memang bikin nyaman, apalagi kalau dilakukan pas lagi capek. Tapi, kebiasaan ini bisa mengikis pelembap dan keratin yang berfungsi menjaga kilau rambut. Kurangi kebiasaan yang bisa merusak rambut ini, ganti air panas dengan air hangat, dan akhiri prosesi keramas dengan membilas menggunakan air dingin ya. Yang tidak boleh dilewatkan: pemakaian kondisioner. 

 

BACA JUGA: DIY Hair Oil 

 

Menggosok Rambut Saat Keramas

 

Saat keramas, kita cenderung menggosokkan sampo ke seluruh bagian rambut dari akar sampe ke ujung batangnya. Kayak belum afdol gitu ya? Padahal menurut American Academy of Dermatology Association (AAD) kebiasaan ini bisa merusak rambut. Ingat kan kalo dalam keadaan basah rambut relatif lebih rentan?

 

So, mulai sekarang lakukan ini ya:

  • Gunakan sampo hanya di kulit kepala sambil dipijat lembut menggunakan ujung jari

  • Saat membilas, biarkan sampo mengalir sampai ke ujung rambut

 

Malas Pakai Kondisioner

 

Banyak yang beranggapan kalo kondisioner hanya untuk rambut kering. Ini salah banget karena sesuai dengan namanya,  fungsi utamanya adalah menjaga kondisi rambut supaya tetap lenbut. Gunakan setelah keramas dengan mengoleskan pada batang rambut dalam keadaan lembap alias setengah kering. Hindari terkena kulit kepala supaya nggak bikin ketombean.

 

Mengeringkan Rambut Dengan Digosok 

 

Rambut bukan baju, jadi gak perlu digosok 😁 Sekali lagi, menggosok rambut hanya akan membuat rambut jadi rusak. Sebaiknya bungkus rambut dengan handuk untuk menyerap air dan biarkan sampai mengering. Udah punya head towel?

Dapatkan handuk gratis dengan pembelian paket hair care routine starter kit.  

Menyisir Rambut Basah

 

Sama dengan menggosok rambut, menyisir juga “diharamkan” jika rambutmu masih basah. Hal sepele ini ternyata termasuk kebiasaan yang merusak rambut. Tunggu sampai kering betul sebelum lanjut menyisir ya.

 

Menguncir Rambut

 

Menguncir rambut ke belakang emang nyaman, apalagi buat yang rambutnya panjang atau hijabers sebelum memakai kerudung. Nyadar gak kalo ini bisa mengganggu sirkulasi darah di kulit kepala? Kalo udah begini, asupan nutrisi ke rambut jadi berkurang. Rambut jadi kurang gizi, bisa rontok deh.

Kalo lagi di rumah aja, kamu bisa gunakan penjepit ketimbang karet gelang, atau ganti gaya rambut deh. Penting juga untuk memilih pengikat rambut yang tepat ya.

 

Hair Styling  

 

Beauty is pain, tampaknya berlaku juga untuk rambut. Emang sih, saat melakukan penataan dengan catokan atau hair dryer kita nggak merasakan sakit. Tapi, diam-diam rambut menderita loh. Kering, patah, sampai kusam ini tanda-tanda rambut kamu sedang gak sehat. 

Untuk mencegahnya, biasakan menggunakan kondisioner setiap keramas. Akan lebih bagus lagi kalau kamu rutin memakai produk tambahan seperti hair spa atau hair energy untuk memberikan perlindungan tambahan pada rambut. Nggak punya banyak waktu? Gunakan Moisturizing Repair Hair Serum untuk menutrisi batang rambutmu. 

BACA JUGA: Hair Spa Di Rumah

Pewarnaan

 

Rambut warna-warni bagai gulali emang keren ya. Sama seperti styling, pewarnaan juga bisa merusak rambut.  Proses bleaching yang dilakukan sebelum pewarnaan  bisa merusak pigmen rambut. Kering, kusam, dan patah adalah keluhan yang sering muncul akibat pewarnaan. Disarankan untuk tidak terlalu sering mewarnai rambut.

Untuk perawatan harian, kamu bisa gunakan sampo khusus untuk rambut diwarnai dan tambahan hair serum pada batang rambut. 
 

Terlalu Sering Menyisir

 

Menyisir rambut itu bagus, tapi segala sesuatu yang berlebihan emang nggak bagus yah.  Jangan dilakukan  terlalu sering karena kebiasaan ini akan merusak rambut. Gunakan sisir dengan gigi jarang untuk meminimalkan kerontokan, hindari menarik terlalu keras, dan terakhir jaga kesehatan rambut dengan hair care routine. Rambut yang sehat tidak mudah patah, lembut dan berkilau sehat. 

 

Sumber: Kompas.com 







 

Hair Spa Di Rumah Yuk!
July, 26th 2021 - Moayu

PPKM diperpanjang lagi, artinya kita belum bisa leluasa ke sana ke mari termasuk perawatan di salon. Bisa sih, panggil home treatment ke rumah. Risikonya bisa ditekan, daripada pergi ke salon. Yang penting pilih layanan dengan prokes sesuai ketentuan ya. Kalau biasa hair spa, yuk coba lakuin hair spa di rumah. Karena di rumah aja bukan berarti jadi abai sama perawatan, apalagi rambut. Meski nggak ke mana-mana yang namanya debu, kotoran, dan minyak tetap ada. 

Kalau masih ragu atau belum sempat panggil layanan home treatment, kamu juga bisa lakukan sendiri beberapa perawatan di rumah. Salah satunya adalah hair spa

Ternyata, nggak susah kok. Cukup 5 langkah untuk rambut indah. Simak yuk

1. Hair Oil

Mulai hair spa di rumah dengan memijat kulit kepala menggunakan hair oil untuk menutrisi dan melembapkan serta mengurangi stress. Udah tau kan kalo stress bisa berakibat pada kerontokan rambut? Kamu bisa pakai minyak zaitun, minyak kelapa, atau sweet almond oil yang gampang didapat. Tambahin beberapa tetes essential oil untuk hasil lebih optimal sesuai kebutuhanmu.

BACA JUGA: DIY Hair OIl 

2. Shampoo

Cuci rambut menggunakan sampo yang sesuai, pastiin kulit kepala benar-benar bersih ya. Gunakan ujung jari untuk memijat agar sirkulasi darah lancar. Kamu bisa menggunakan sampo yang sesuai dengan kebutuhan: Blissful Green Tea untuk rambut berminyak, Sweet Shine Chocolat bagi si rambut kering/rusak, Cheering Strawberry untuk ketombe, dan Energizing Ginseng agar rambut rontok berkurang.  Setelah itu bilas, saat keramas gunakan air dingin ya. 

 

3. Hair Spa Cream

Bagian terpenting dari hair spa di rumah adalah pemakaian hair spa cream. Berbeda dengan kondisioner yang hanya digunakan di batang rambut, krim hair spa aman digunakan pada kulit kepala kok. Sama kayak sampo, gunakan varian krim hair spa yang sesuai ya: 

  • Blissful Green Tea, untuk rambut lepek

  • Sweet Shine Chocolate, untuk rambut kering/rusak, styling, atau coloring

  • Energizing Ginseng, bagus untuk rambut rontok

  • Cheering Strawberry, untuk mengatasi masalah ketombe dan rambut bercabang

  • Refreshing Honey Lemon, untuk masalah ketombe dan rontok

BELI HAIR SPA CREAM SESUAI JENIS RAMBUT 

4. Steam

Nggak perlu steamer untuk proses ini. Kamu bisa pakai head towel yang direndam dalam air panas, kalau handuknya mulai terasa dingin bisa dicelupin lagi. Jangan lupa diperas dulu sebelum dipakai ya. Hawa panas akan membuka kutikula dan pori-pori kulit kepala sehingga nutrisi dari krim hair spa lebih gampang terserap. Cukup 15-20  menit aja, jangan terlalu lama.

BELI PAKET HAIR CARE ROUTINE FREE HEAD TOWEL 

5. Bilas

Terakhir, cuci rambut untuk menghilangkan sisa-sisa krim hair spa. Kamu juga bisa menggunakan tambahan kondisioner. Pastiin bahwa kondisioner hanya digunakan di batang rambut supaya nggak menimbulkan masalah baru yaitu ketombe.  . 

Setelah keramas, kamu bisa mengeringkan secara alami dengan angin atau menepuk-nepuk rambut dengan handuk lembut. Jangan digosok karena akan bikin rambut kamu gampang patah yah. Sebagai penutup  hiar spa, semprotkan Energizing Ginseng Hair Tonic pada kulit kepala yang bermanfaat untuk mengurangi kerontokan. Wanginya pun segar, sehingga bisa juga dijadikan hair mist

Itu tadi urutan hair spa di rumah. Gampang banget kan

Sumber: urbancompany.com

DIY Hair Oil
July, 10th 2021 - Moayu

Pekan kedua PPKM, masih betah di rumah kan?

Mungkin sebagian bakal jawab: dibetah-betahinlah, gak apa ini demi kebaikan kita semua. Supaya pandeminya bisa segera selesai.

 

Hikmahnya, kita jadi lebih banyak waktu di rumah: bisa kumpul bareng keluarga lebih lama, atau ngelakuin hal-hal yang selama ini terabaikan seperti menekuni hobi atau dekorasi ulang kamar. 

 

Meski nggak ke mana-mana, bukan berarti seharian males-malesan yah. Mau binge watching drakor kesayangan sih oke-oke aja, tapi sesekali sempetin juga dong buat ngelakuin perawatan sendiri di rumah. 

 

Udah biasa skin care routine? Nah sekarang waktunya untuk hair care routine.

 

Salah satu tahapan dalam hair care routine adalah menggunakan hair oil sebelum keramas. Bagian ini berfungsi untuk membuat rambutmu lebih sehat dengan cara melindungi dari kerusakan akibat polusi atau residu kimia dari produk perawatan rambut. Buat yang rambutnya sering gonta-ganti warna, catokan, atau di-hair styling juga akan membuatnya lebih lembut bercahaya.  

 

Mereka yang rambutnya kering atau kusut perlu banget nih supaya rambut lebih ternutrisi. Hair oil juga bagus buat kesehatan kulit kepala dengan cara melindungi folikel dari surfaktan dengan mengisi kekosongan di area sekitar akar rambut. Selain itu, pemijatan dengan hair oil juga membantu mencegah kerontokan. 

 

Karena umumnya terbuat dari bahan alami, hair oil relatif aman bagi semua jenis rambut dan kulit kepala termasuk yang sensitif. Pastiin juga kamu nggak memiliki alergi terhadap jenis bahan tertentu yah.

 

Beberapa jenis minyak yang umum digunakan sebagai hair oil antara lain minyak kelapa, minyak wijen, argan, moringa, dan almon termasuk sweet almond. 

 

Di negara Asia, minyak kelapa atau coconut oil (termasuk virgin coconut oil) umum dipakai. Jaman dulu, perempuan di tanah Jawa kerap menggunakan minyak kelapa dan tumbuhan lain sebagai cem-ceman. 

 

Minyak wijen, nggak hanya enak buat bikin mi ayam loh. Jenis ini, bagus untuk mengatasi rambut kusut. Selain melembapkan, minyak wijen juga bersifat antiketombe.

 

Argan oil atau dikenal dengan nama Moroccan oil yang berasal dari tanaman jenis Arganosa spinosa ini emang lagi heits banget untuk perawatan kulit dan rambut. Kaya vitamin A, D, dan E serta asam lemak Omega-3 sehingga dianjurkan sebagai kondisioner alami dan menguatkan rambut. Pssst argan oil juga terdapat dalam beberapa produk  moayu seperti Blissful Green Tea Shampoo & Conditioner, Sweet Shine Shampoo & Conditioner, serta Moisturizing Repair Hair Serum

Moringa alias kelor, belakangan juga naik daun nih. Fungsinya juga untuk melembapkan rambut dan sebagai carrier oil saat menggunakan essential oil.

 

Terakhir, almond dan sweet almond oil. Ini berasal dari tanaman yang sama tapi beda bagian. Kalau almond oil dibuat dari biji buah almond, sedangkan sweet almond disarikan dari kernel atau bagian kulit bijinya. Keduanya kaya antioksidan, lemak baik, zinc, serta vitamin A, B, D, dan E. Sweet almond oil bertindak sebagai serum alami untuk memperbaiki kondisi rambut yang kusam, menjadikannya bersinar. Ini alasan kenapa dalam moayu Moisturizing Repair Hair Serum menggunakannya sebagai bahan dasar. 

 

Kamu bisa bikin sendiri hair oil kok, alias nggak perlu beli. Yang kamu butuhkan adalah salah satu dari jenis minyak tersebut dan beberapa tetes pure essential oil sesuai kebutuhan. 

 

Kalau rambut kamu berminyak, Lemon dan Tea Tree bisa digunakan untuk mengontrol minyak berlebih sekaligus mengatasi ketombe. Untuk yang bermasalah dengan kerontokan, gunakan Rosemary dan Lavender. Sedangkan jika rambut kamu kusam atau kering, Peppermint OIl adalah campuran yang tepat.

 

Cara pakainya, teteskan Sweet Almond Oil ke telapak tangan lalu tambahkan beberapa tetes essential oil. Aduk hingga merata dan usapkan di kulit kepala sambil dipijat lembut. Gunakan 30 menit sebelum keramas yah.

 

Sumber: Healthline

 

Ketombe dan Rambut Rontok?
June, 30th 2021 - Moayu

Gimana perasaanmu: setiap nyisir ngeliat helaian rambut berserakan?

 

Kamu nggak sendirian, faktanya 60% masalah rambut di Indonesia adalah rambut rontok. Yang kamu perlu tau, penyebabnya juga bisa karena ketombe loh. 

 

Hah? Kok bisa? 

 

Ketombe adalah serpihan kulit kepala yang mengelupas, menyebabkan gatal. Pemicunya beragam tapi penyebabnya mostly adalah produksi minyak yang berlebihan sehingga mengundang tumbuhnya jamur Malassezia spp. yang bersifat lipolitik atau mengurai lemak. 

 

Sejatinya, sebum atau minyak  yang dihasilkan oleh kelenjar sebasea ini merupakan perlindungan alami supaya kulit tetap berada dalam keadaan lembap. Nah,  pemakaian sampo yang berlebihan atau nggak cocok ini bisa mengundang kelenjar sebasea untuk lebih aktif lagi. 

 

Lalu apa hubungannya sama rambut rontok?

 

Begini ceritanya. Yang ngalamin ketombe pasti tau banget rasanya: gatal di kulit kepala bikin pengen garuk dan garuk terus. Akibatnya akar rambut jadi melemah dan mudah goyah. Selain itu, ketombe juga menutupi folikel rambut yang menyebabkan rambut baru sulit tumbuh.

 

Jadi gimana dong ngatasin ketombe?

 

Kalo udah tau masalahnya, akan lebih mudah mencari solusinya bukan? Sebelum dia datang, kenali kondisi kulit kepalamu. Perasaan aja bisa sensitif, kulit kepala juga. So, hindari deh penggunaan produk yang bisa memicu dermatitis seperti cat rambut atau mengandung banyak pewangi. 

 

Kalau ketombe udah telanjur bersarang, nggak lain harus diatasi dengan sampo antiketombe.  Bahan aktif yang umum digunakan untuk mengatasi ketombe adalah ketoconazole, pyrithione zinc, selenium sulfide, dan asam salisilat. Yang terakhir ini secara alami ada dalam buah stroberi. Yap betul banget, selain rasanya yang segar stroberi juga bagus banget buat kesehatan rambutmu.

 

Asam salisilat dalam stroberi efektif mengatasi ketombe dan bekerja dengan cara menyerap minyak berlebih di kulit kepala tanpa meninggalkan residu. Vitamin C dalam stroberi juga membantu meremajakan rambut, membuatnya tebal dan sehat. Masih kurang? Stroberi melembutkan rambut dan menutrisinya sehingga membantu mengurangi rambut rontok. 

 

Nggak perlu repot melumat stroberi buat keramas kok. Kamu bisa menggunakan moayu Cheering Strawberry Shampoo yang mengandung ekstrak stroberi serta Lemon Essential OIl untuk mengatasi ketombe. BIar rambutmu tetap sehat terawat, secara rutin lanjutkan dengan pemakaian moayu Cheering Strawberry Hair Spa. Ini semua bisa kamu lakukan sendiri di rumah, sebagai bagian dari hair care routine. Di rumah aja, bukan berarti nggak ngerawat diri kan?

 

Dari berbagai sumber

 

Mengenal Hair Care Routine
June, 21st 2021 - Moayu

Setelah skin care routine yang sempat booming sampai belasan steps, tren dunia kecantikan saat ini adalah hair care routine. Apa lagi ya ini?

 

Sesuai dengan namanya, hair care routine merupakan serangkaian “ritual” dalam perawatan rambut yang tujuannya tentu aja menjaga supaya rambut tetap dalam keadaan sehat, bercahaya, dan indah. Wah, makin rumit aja ya perawatan rambut?

 

No dear. Kalau untuk kulit (wajah) kita begitu serius ngerawatnya, kenapa untuk urusan rambut nggak? Permasalahan rambut sesungguhnya sama kompleksnya: kulit kepala dan batang rambut bisa saja mengalami kondisi yang berbeda. Kasus kulit kepala berminyak dengan rambut kering bercabang, ini mungkin aja terjadi. 

 

Belum lagi kesehatan kulit kepala yang ngaruhnya ke rambut. Ketombe, selain gatal dan mengganggu keindahan juga berkontribusi terhadap kerontokan. Nah, kalo udah ngomongin rambut rontok jelas gak bisa diremehkan.

 

Buat kamu yang berhijab, rambut yang nggak kelihatan bukan alasan untuk mengabaikan perawatan. Perasaan nggak nyaman yang timbut akibat masalah rambut, ini bisa kebawa ke mana-mana karena mood juga ikut berantakan. Padahal, kondisi kepala yang tertutup selama berjam-jam ini juga menimbulkan masalah baru seperti ketombe, lepek, dan yang paling banyak dikeluhkan apalagi kalau bukan rontok.

 

So, nggak perlu nunggu lama lagi ayo lakukan hair care routine dari sekarang!

 

How to start it?

 

Pertama, kenali kondisi kulit kepala dan rambutmu: kering, berminyak, atau normal? Cara sederhana buat ngecek adalah dengan menempelkan ujung jari ke kulit kepala. Kalau mau lebih akurat, kamu bisa melakukan hair analysis di salon.

 

Kedua, pahami tipe rambutmu: lurus, ikal, bergelombang, atau keriting. Rambut lurus biaasnya lebih mudah lepek ketimbang ikal.

 

Ketiga, cek apakah rambutmu sering terpapar styling kit seperti: catok, hair dryer, smoothing, atau hobi gonta-ganti warna rambut? Ini penting untuk menentukan produk perawatan yang tepat.

 

Hair care routine sebetulnya simple kok, berikut hal-hal yang harus kamu perhatikan:

 

Cleanse

Secara alami, kulit kepala memproduksi minyak untuk melembapkan. Begitu ketemu kotoran dan keringat, bisa dibayangin kan apa yang terjadi? Proses cleansing juga bermanfaat menghilangkan sel kulit mati. Inget yah, kulit termasuk di area kepala, beregenerasi setiap 28 hari sekali. 

 

Kondisioner

Sesuai dengan namanya, fungsi kondisioner adalah mengondisikan sesuai kebutuhan: melembapkan, mencegah biar nggak kusut, dan membuat rambut bercahaya. Pada saat keramas, rambut kita mungkin kehilangan kelembapan alaminya. Di sinilah kondisioner berperan. Jadi, rambut berminyak pun tetap butuh kondisioner yah. 

 

Pelembap

Kondisi rambut yang super kering, atau keriting membutuhkan perawatan ekstra untuk melempabkan dan menguncinya supaya nggak dehidrasi. Sama kayak kulit kita, rambut juga butuh tetap terhidrasi. 

 

Spot-Treat

Beberapa kondisi khusus seperti rambut bercabang di area tertentu, butuh perhatian spesial juga. Tentu aja, perawatan dengan satu produk nggak bisa diberlakukan. Bayangin kalo kamu menggunakan hair oil ke seluruh bagian kepala buat mengatasi rambut kering padahal kulit kepala berminyak. 

 

Basic things yang wajib ada dalam hair care routine secara sederhana dibedakan menjadi in-shower (sampo, kondisioner, hair mask) dan yang digunakan setelah keramas (hair tonic, hair serum). Dan yang paling penting tentu aja konsistensi dalam melakukannya.

 

Ready for your hair care routine

 

Sumber: Healthline.com

Hair Tonik untuk Rambut Kuat
August, 3rd 2020 - Moayu

Banyak yang skip hair tonic dengan alasan tidak ada waktu, lupa dan lain sebagainya, tapi selalu mengeluhkan rambut rontoknya. Wah padahal hair tonic itu sangat disarankan bagi mereka yang bermasalah dengan rambut rontok. 

Fungsi utama hair tonic adalah enguatkan akar rambut.  Zat aktif dalam hair tonic biasanya ginseng, ada juga yang menambahkan Aloe vera atau lidah buaya yang membantu melembapkan. 

Kalau akarnya kuat, rambut  gak gampang rontok dan gak mudah patah sehingga rambut nggak menipis. Makanya disarankan untuk mereka yang memiliki masalah pada kulit kepala seperti rambut rontok ataupun ketombe. Gunakan setiap habis keramas pada kulit kepala.

Pilih juga hair tonic yang aromanya juga wangi, kitanya jadi semangat kan. Bukan yang aromanya bikin pusing atau gak enak ya. 
Misalnya hair tonik moayu Energizing Ginseng yang megandung Rosemary Essential Oil untuk efek aromaterapi.

Selain menguatkan akar rambut, efek aromatherapy dari Rosemary Oil ini menenangkan dan bikin rambut jadi wangi!